Home / BRIZZI / Top Up BRIZZI Lewat BCA Apakah Bisa? Caranya?

Top Up BRIZZI Lewat BCA Apakah Bisa? Caranya?

  • by
Top Up BRIZZI Lewat BCA Apakah Bisa? Caranya?

Apakah bisa top up BRIZZI Lewat BCA atau bank lain? Bagaimana cara top up Brizzi lewat m banking BCA? Adalah dua pertanyaan yang dikirim seorang Ibu-ibu ketika melihat saya membeli kartu Brizzi di Alfamart tadi pagi.

Advertisements

Jujur saja mendapat dua pertanyaan tersebut agak membingungkan karena cara top up Brizzi BRI paling mudah itu ya melalui channel yang sudah tersedia seperti di Alfamart, Indomaret, ATM BRI atau jika ada HP Android maka bisa isi ulang dari aplikasi Brimo, BRI Mobile, LinkAja, Tokopedia, Shopee, aplikasi iSaku, Bukalapak bukan dari bank lain.

Tetapi karena itu pertanyaan ya wajib dijawab doang, dan saya akhirnya beritahu ibu itu kalau sebetulanya kita bisa isi saldo Brizzi lewat ATM BCA, BCA Mobile dan internet banking begitu juga dari bank lainnya seperti ATM Mandiri, ATM BNI, BTN dan lain sebagainya.

Lalu caranya bagaimana? Caranya adalah dengan transfer antar bank ke BRI dengan nomor rekening tujuan yang digunakan adalah nomor kartu BRIZZI tersebut. Masih bingung dan ingin tahu bagaimana caranya? Yu simak percobaan berikut ini ketika saya isi saldo Brizzi dari m banking BCA.

Cara Top Up Brizzi Lewat BCA atau Bank Lain

Metode yang akan dibagikan kali ini merupakan salah satu cara untuk isi saldo kartu BRIZZI dari bank selain BRI sesuai dengan yang tertulis di halaman Brzzi BRI ini.

Akan tetapi karena cara yang digunakan adalah transfer antar bank maka pasti ada biaya admin yang nominalnya bervariasi.

Untuk biaya transfer BCA ke BRI saat ini adalah 6.500 rupiah baik dari ATM, m banking maupun klikBCA.

Begitu juga apabila top up Brizzi lewat ATM Mandiri atau BNI maka akan dikenakan biaya 6.500 kecuali kamu transfer via ATM Link maka biayanya lebih murah yaitu 4.000 rupiah.

Cara Top Up BRIZZI Lewat M Banking BCA

Apabila nomor rekening tujuan belum terdaftar maka kita harus daftarkan dulu no tujuan transfer dalam hal ini 16 digit no kartu ke daftar transfer antar bank.

Caranya dari menu m-Transfer pilih Daftar Transfer – Antar Bank kemudian pada no rekening masukan 16 angka no Brizzi dan pada bank pilih BRI.

Setelah terisi tap Send. Jika nomor benar maka akan muncuk keterangan UNIK BRI, tap Ok lalu masukan PIN m-BCA.

Apabila no tujuan sudah tersimpan selanjutnya cara top up Brizzi lewat BCA Mobile langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama buka aplikasi BCA Mobile lalu login.
  2. Pilih menu m-Transfer kemudian pilih Antar Bank.
    pilih BRI
  3. Pada kolom bank pilih BRI, pada no rekening pilih no BRIZZI yang sudah kita daftarkan lalu isi nominal top up pada kolom jumlah uang. Jika semua sudah terisi tap Send.
    Cara Top Up Brizzi Lewat BCA atau Bank Lain
  4. Tap OK lalu masukan pin m-BCA kemudian OK.
  5. Apabila transaksi berhasil maka akan ada pemberitahuan di BCA Mobile.
  6. Silahkan update saldo menggunakan aplikasi BRImo, Tokopedia, LinkAja atau yang lainnya. Pada contoh ini yang digunakan adalah aplikasi BRIMo dan caranya buka Brimo lalu tempelkan kartu BRIZZI ke bagian belakang HP setelah itu tap Update Saldo.
  7. Apabila sukses maka akan muncul keterangan update saldo berhasil seperti terlihat pada gambar berikut ini.
    update Saldo menggunakan aplikasi BriMo

Pada contoh di atas sengaja saya input angka 1222 supaya mudah mengecek apakah benar top up via transfer antar bank berhasil atau tidak.

Hasilnya setelah isi ulang dari m-BCA kemudian update menggunakan aplikasi BriMo ternyata berhasil dan saldo pada kartu BRIZZI baru yang tadi dibeli di Aflamart akhirnya bertambah dan langsung bisa digunakan.

Isi Saldo Kartu Brizzi BRI Dari ATM Bank BCA

Tidak jauh berbeda dengan cara pertama, untuk isi saldo Brizzi lewat ATM BCA caranya adalah dengan transfer dari BCA ke BRI dengan kode bank 002.

Sedangkan untuk no rekening tujuannya adalah 16 angka kartu e-toll BRIZZI yang akan kita top up dan untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masukan kartu ATM BCA lalu masukan PIN.
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya lalu piih Transfer.
  3. Pilih Ke Rek Bank Lain.
  4. Pada layar kode sandi bank masukan kode transfer BRI di ATM yaitu 002 lalu Benar.
  5. Masukan jumlah uang lel Benar.
  6. Masukan 16 angka nomor kartu e-toll BRIZZI yang akan kita top up lalu Benar.
  7. Cek kembali apakah semua yang diinput sudah benar terutama no rekening (no Brizzi) dan nominalnya. Lalu pilih Benar.
  8. Tunggu transaksi diproses dan setelah selesai akan keluar struk bukti transfer BCA ke BRI.
  9. Langkah terakhir adalah melakukan update saldo tertunda BRIZZI bisa di mesin EDC yang biasa ada di Alfamart, Indomaret, Alfamidi atau menggunakan aplikasi Android seperti BRImo, LinkAja dan lainnya.

Dari langkah-langkah di atas terlihat jika cara top up Brizzi lewat ATM BCA sama seperti saat transfer antar bank di ATM BCA dengan tujuan BRI.

Yang berbeda hanya pada pengunaan nomor kartu sebagai no rekening tujuan saja sedangkan biayanya tetapi sama yaitu 6.500 rupiah.

Top Up Brizzi Via Internet Banking BCA

Setelah berhasil top up Brizzi lewat m banking BCA sekarag kita akan coba melakukan hal yang sama melalui internet banking atau klikBCA Individual.

Sebagai informasi agar bisa transfer dari Internet Banking BCA selain harus sudah registrasi, kita juga wajib memiliki keyBCA karena alat ini diperlukan saat otorisasi transaksi, dan untuk lebih lengkapnya silahkan lihat penjelasan berikut ini.

  1. Login ke BCA Individual.
  2. Pilih Transfer Dana.
  3. Pilih Daftar Rekening Tujuan.
  4. Pilih Rekening Bank Lain lalu klik Kirim.
  5. Pada kolom kategori penerima pilih perorangan, nama penerima isi saja dengan Brizzi kemudian pada kolom no rekening masukan 16 angka no Brizzi BRI kemudian klik Lanjutkan.
    Tambah daftar transfer
  6. Selanjutnya aktifkan KeyBCA lalu tekan angka 2 kemudian masukan 8 angka yang muncul pada layar klikBCA ke alat keyBCA dan masukan kode respon yang muncul di keyBCA ke kolom Respon APPLI 2 lalu klik Kirim.
  7. Setelah no rekening terdaftar kemudian klik Transfer ke Rek. Bank lain Dalam Negeri.
  8. pada kolom rekening tujuan pilih kartu Brizzi yang tadi baru ditambahkan, lalu pada layanan transfer pilih Online kemudian masukan jumlah top up.
  9. Aktifkan kembali keyBCA dengan tekan tombol merah lalu pin kemudian tekan angka 2.
  10. Masukan 8 digit angka yang muncul di layar halaman klikBCA ke keyBCA dan masukan angka yang muncul di keyBCA ke kolom kode respon APPLI 2 kemudian tap Lanjutkan.
    Top Up Brizzi Via Internet Banking BCA
  11. Terakhir terkan tombol merah di KeyBCA lalu tekang angka 1 dan masukan kode yang muncul di alat keybca ke kolom RESPON KEYBCA APPLI 1 lalu klik Kirim.
    Top Up Brizzi dari Internet Banking BCA Berhasil
  12. Jika transfer berhasil maka akan ada pemberitahuan di layar internet banking BCA.
  13. Langkah terakhir adalah update saldo tertunda BRIZZI mengunakan BRImo misalnya.

Catatan : Langkah no 3 sampai 6 hanya perlu dilakukan 1 kali saat mendaftarkan no rekening tujuan transfer bank lain di klikBCA. Apabila sudah terdaftar selanjutnya hanya perlu ikuti langkah no 7 sampai habis.

Setelah berhasil transfer kemudian kita coba update saldo menggunakan aplikasi BRImo, dengan saldo awal 12.222 kemudian top up lagi 10.000 jadi seharusnya total saldo Brizzi menjadi 22.222.

total saldo Brizzi

Seperti terlihat pada kolom jumlah saldo masuk tertera angka Rp. 10.000, ini berarti sudah sesuai dengan jumlah yang diinput pada klikBCA.

Jadi percoban ini bisa membuktikan jika memang benar dari klikBCA bisa top up Brizzi yaitu melalui cara transfer ke bank lain.

Jika dilihat dari langkah di atas prosesnya cukup rumit karena transfer beda bank dari klikBCA memang membutuhkan 2 kali kode respon atau token dari keyBCA.

Kekurangan cara terakhir ini adalah langkahnya terlalu panjang sehingga bisa membuat bigung bagi orang yang belum terbiasa.

Kekurangan Isi Saldo Kartu E-Toll BRIZZI BRI Dari BCA

Seperti terlihat pada penjelasan di atas, setiap kali akan isi saldo dari bank lain termasuk BCA dikenakan biaya admin transfer antar bank 6.500 rupiah.

Ini lebih mahal jika dibandingkan top up via Shopee, Bukalapak, Tokopedia, aplikasi BRIMO dan lainnya yang hanya 1.500 rupiah saja.

Oleh karena itu jika tidak terpaksa atau darurat sebaiknya lakukan pengisian melalui metode lain yang lebih murah saja dibandingkan melalui cara transfer ke nomor Brizzi.

Dimana Melihat Nomor Kartu Brizzi?

No kartu biasanya terletak di bagian belakang kartu dengan jumlah 16 angka, apabila kartu yang digunakan merupakan kartu BRIZZI Alfamart Ponta maka no Brizzi adalah yang ada di bagian belakang atas biasanya dengan awalan angka 6013.

Sedangkan nomor 16 angka yang ada di bawah barcode itu merupakan nomor kartu Afla atau member ponta dan akan aktif jika registrasi terlebih dahulu ke Ponta.

Transfer Berhasil Tapi Saldo Brizzi Tidak Bertambah?

Pastikan setelah transfer sudah lakukan update pending saldo misalnya pakai aplikasi BRImo. Tetapi jika saat update keterangannya tidak ada pending saldo maka cek riwayat transaksi Brizzi di aplikasi Brimo dari menu History.

Kesimpulan

Top up BRIZZI lewat BCA atau bank lain bisa dilakukan dengan cara transfer antar bank ke BRI. Apabila dari ATM gunakan kode 002.

Batas minimal top up adalah 10.000 rupiah atau mengikuti batas minimal transfer antar bank, dan dikenakan biaya sebesar 6.500 rupiah per transaksi.

Setelah transfer berhasil harus segera update pending saldo melalui ATM BRI, EDC BRI atau menggunakan aplikasi yang bisa untuk update saldo dari HP seperti BRImo, LinkAja dan lainnya.