Perbedaan Sakuku Dengan Flazz BCA Apa Sih?

Ecaraku.com | Apa perbedaan sakuku dengan Flazz BCA? ini adalah pertanyaan yang muncul ketika saya baru pertama kali menggunakan kedua uang elektronik dari BCA, namun seiring berjalan waktu akhirnya saya tahu ada banyak perbedaan diantara keduanya.

Meskipun sama-sama e-money yang berfungsi sebagai alat pembayaran namun perbedaan mendasar antara flazz dan sakuku adalah bisa dilihat dari bentuknya, kalau flazz berbentuk kartu fisik prabayar sedangkan sakuku BCA dalam bentuk aplikasi / software yang bisa diakses dari smartphone.

Selain itu flazz BCA lebih banyak digunakan untuk pembayaran transportasi seperti membayar tol, Transjakarta dan lainnya sedangkan sakuku lebih banyak digunakan untuk membayar merchant, untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa perbedaan antara kedua produk e-money BCA tersebut.

Apa Saja Perbedaan Sakuku Dengan Flazz BCA

Apa Saja Perbedaan Sakuku Dengan Flazz BCA

1 – Bentuk

Kartu Flazz berbentuk fisik seperti kartu atm yang memiliki chip, sedangkan sakuku berupa aplikasi yang bisa dibuka dari smartphone.

2 – Kegunaan Utama

Flazz BCA dapat digunakan untuk membayar merchant seperti Indomaret, Alfamart dan juga bisa dipakai untuk membayar tol namun tidak bisa dipakai untuk membayar transaksi online.

Sedangkan sakuku selain bisa dipakai untuk membayar merchant bisa juga dipakai untuk transaksi online misalnya di blibli.com dan lainnya namun harus diakses dari browser tidak bisa dari aplikasi marketplace.

3 – Cara Isi Saldo

Ada beberapa cara top up Flazz BCA diantaranya pakai uang tunai di mesin Flazz, dari mesin ATM dan EDC di merchant namun tidak bisa diisi dari m-BCA atau klikBCA.

Sedangkan sakuku BCA selain bisa di ATM, bisa juga isi saldo dari BCA Mobile, KlikBCA bahkan bisa dari saldo sakuku teman.

4 – Pengecekan Saldo

Untuk Cek saldo Flazz BCA bisa dengan cara memasukan ke mesin atm atau mesin EDC dan juga lewat aplikasi BCA Mobile dari HP dengan NFC sedangkan sakuku bisa dilihat dari aplikasi sakuku sendiri.

5 – Cara Menggunakan

Karena berbeda bentuk yang satu berbentuk fisik yang satu aplikasi maka jelas penggunaanya pun akan berbeda, untuk Flazz BCA digunakan dengan cara ditempelkan atau ditap ke mesin edc atau reader e-money sedangkan sakuku dengan cara scan QR Code mirip seperti saat membayar pakai go-pay.

6 – Fitur

Flazz BCA tidak memiliki banyak fitur karena hanya bisa cek saldo, isi saldo dan membayar transaksi di merchant termasuk tol.

Sedangkan sakuku memiliki lebih banyak fitur selain untuk membayar transaksi, sakuku juga bisa dipakai untuk membeli pulsa isi ulang, transfer saldo ke rekening BCA, dan transfer ke sesama sakuku.

Kesimpulan

Jika disimpulkan beberapa perbedaan Sakuku dengan Flazz BCA yang paling mencolok adalah:

Flazz BCA

  • Berbentuk kartu fisik prabayar seperti kartu atm, bisa dipakai untuk bayar tol, tidak bisa isi saldo dari m banking dan internet banking, tidak bisa transfer saldo, tidak bisa tarik tunai.

Sakuku BCA

  • Berbentuk aplikasi di smartphone, bisa isi saldo dari atm, BCA mobile dan klikBCA, tidak bisa dipakai bayar tol, bisa dipakai untuk belanja online, bisa tarik tunai di atm tanpa kartu dan bisa transfer saldo ke sakuku lain maupun rekening BCA.

Semoga dari penjelasan diatas kamu sekarang sudah bisa tahu apa saja perbedaan Flazz BCA dengan Sakuku, sehingga tahu mana yang paling cocok bagi kamu, jika hanya ingin digunakan untuk membayar tol maka jelas Flazz jawabannya sedangkan jika ingin menggunakan sebagai pengganti uang tunai saat belanja dan bisa dipakai untuk transfer saldo ke akun lain bahkan tarik tunai maka sakuku jawabannya.

Leave a Reply