Cara Top Up Kartu Flazz BCA di ATM BCA

Cara top up Flazz BCA di ATM memang agak berbeda jika dibandingkan isi saldo e-toll lainnya terutama saat proses update saldo dimana kita harus masukan kartu tersebut ke mesin ATM.

Advertisements

Sedangkan kartu e-toll lain seperti Mandiri, BRZZI dan Tapcash BNI biasanya hanya perlu di tap ke card reader. Namun kelebihan metode ini adalah kita tidak perlu khawatir jika saat proses update saldo gagal akibat card reader di ATM tidak bisa membaca kartu tersebut.

Sebagai informasi pengisian saldo Flazz BCA di ATM saat ini minimal 20.000 rupiah tanpa biaya admin, dengan batas maksimal saldo tersimpan sebanyak 1.000.000 rupiah dan selain via ATM sekarang bisa juga top up lewat BCA Mobile.

Sebelum membahas lebih lanjut mungkin masih ada yang belum tahu apa kegunaan atau bisa dipakai dimana saja Flazz BCA ini.

Jawabannya hampir sama dengan kartu e-money Mandiri yaitu bisa untuk membayar tol, transportasi umum seperti MRT Jakarta, Commuter Line, membayar di Indomaret, Gramedia, isi BBM dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Top Up Kartu Flazz BCA di ATM BCA?

  1. Masukan kartu ATM ke mesin ATM lalu masukan PIN, jika ada pilihan bahasa maka pilih saja Bahasa Indonesia.
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya.
  3. Pilih menu Flazz.
    Cara Top Up Kartu Flazz BCA di ATM BCA
  4. Pilih menu TOP UP.
  5. Masukan jumlah isi ulang, misalnya 20.000, 50.000, 100.000 dan seterusnya dengan batas maksimal 1 juta per transaksi.
    Isi saldo Flazz BCA di ATM
  6. Setelah transaksi diproses, kartu ATM akan keluar kemudian masukan kartu Flazz ke mesin ATM.
  7. Pada layar atm BCA akan muncul informasi pengisian berupa nomor kartu FLAZZ BCA, saldo awal, dan nominal top up serta pemberitahuan bahwa saldo akan berkurang dan berpindah ke kartu FLAZZ. Pilih BENAR untuk melanjutkan.
    Saldo Flazz Bertambah
  8. Tunggu sampai transaksi pengisian saldo selesai yang ditandai dengan keluarnya kartu flazz BCA dari mesin atm dan setelah itu akan keluar struk bukti isi ulang kartu flazz.

Dari langkah di atas bisa disimpulkan proses tambah saldo e-toll BCA ini caranya adalah masukan dulu kartu ATM lalu pilih top up Flazz, setelah itu masukan kartu BCA Flazz.

Jadi proses isi dan update saldo harus dengan cara dimasukan ke mesin ATM, sangat berbeda dengan kartu e-money dari bank lain yang hanya perlu ditempelkan pada reader yang biasanya ada pada body mesin ATM dekat tombol atau di bawah layar.

Selain melalui ATM pengisian saldo Flazz bisa juga melalui m banking BCA dengan catatan kartu yang digunakan sudah gen 2.

Ciri kartu Flazz BCA Gen 2 bisa dilihat dari logo serta saat cek saldo pakai BCA Mobile akan muncul menu top up Flazz, sedangkan yang model lama tidak akan muncul.

Lalu Dimana Bisa Beli Flazz BCA?

  • Di kantor cabang BCA terdekat.
  • Di minimarket atau merchant seperti Indomaret, Afamart, Alfamidi.
  • Beli secara online seperti si Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.
  • Membeli melalui vanding machine biasanya ada di dekat ATM BCA.

Lalu berapa harganya? biasanya bervariasi tergantung apakah sudah termasuk saldo atau saldo kosong. Jika tidak ada saldo rata-rata dijual dengan harga 25.000 rupiah.

Saat pembelian, misalnya di Aflamart maka bisa sekalian isi saldo awal dan kartu e-toll Flazz BCA sudah bisa digunakan untuk transaksi.

Apakah Flazz Bisa Top Up Lewat HP?

Untuk gen 2 sudah bisa top up saldo dari BCA Mobile dari HP dengan NFC.

Apa Bedanya Flazz Dengan Emoney?

Dari awal mungkin sudah rancu, penggunaan istilah e-money dulu identik dengan kartu e-money Mandiri padahal jika dilihat artinya e-money adalah uang elektronik dan jenisnya ada banyak.

Namun jika yang dimaksud adalah e-money Mandiri maka bedanya dengan Flazz adalah bank penerbitnya sedangkan untuk fungsi keduanya hampir sama karena sekarang bukan hanya e-money Mandiri yang bisa dipakai untuk membayar di tol tetapi semua kartu e-Money dari BRI, BNI juga sudah bisa.

Selain untuk pembayaran di gerbang tol, kartu e-money termasuk Flazz bisa untuk belanja di Indomaret, Alfamart atau merchant lain meskipun pada prakteknya agak sulit menggunakan kartu Flazz untuk belanja di minimarket, misalnya transaksi minimum 100 ribu dan berbagai alasan lain termasuk penggunaan BRIZZI BRI di Alfamart tidak semudah dulu lagi, karena rata-rata ada syarat belanja minimal baru bisa dipakai membayar.

Apakah Flazz BCA Ada Masa Berlaku?

Kartu Flazz BCA berlaku 10 tahun terhitung sejak top up Flazz terakhir dan jika masa berlaku habis maka pemilik kartu Flazz bisa mengajukan pengembalian dana yang terisisa pada kartu tersebut dengan datang ke kantor cabang BCA.

Bagaimana Cara Tahu Sisa Saldo Flazz BCA?

Bisa cek lewat ATM dengan langsung masukan kartu Flazz tersebut ke mesin ATM, menggunakan aplikasi BCA Mobile dan jika bukan nasabah Bank BCA tidak perlu aktivasi tapi cukup unduh lalu tempelkan kartu dari HP dengan NFC.

Cara lainnya adalah dengan tempelkan ke mesin EDC atau Flazz reader, atau jika sedang digunakan untuk bayar tol maka bisa cek juga pada layar yang menunjukan tarif serta saldo kartu e-toll dekat palang pintu tol.

Saldo Tabungan Terpotong Tapi Saldo Flazz Tidak Bertambah?

Jika ini terjadi segera hubungi HaloBCA bisa via akun sosial media resmi BCA seperti di Twitter @halobca kemudian beritahu permasalahannya, karena admin pernah mengalami hal serupa ketika isi saldo Flazz lewat m-BCA saldo tidak bertambah tapi saldo rekening berkurang dan tercatat pada mutasi rekening.

Setelah laporan dengan menyertakan bukti transaksi pengisian saldo akhirnya 1 hari kemudian uang dikembalikan ke rekening, dan ini berlaku sama untuk bank lain termasuk Mandiri.

Jika saldo e-money Mandiri tidak bertambah setelah top up tapi saldo tabungan berkurang maka segera laporan dan biasanya jika terbukti memang ada kesalahan maka uang akan dikembalikan ke rekening yang melakukan top up.

Kartu Flazz BCA sama seperti kartu e-toll lainnya tidak menggunakan PIN untuk transaksi, oleh karena itu simpan baik-baik karena jika hilang dan ada saldonya maka siapapun yang menemukan bisa menggunakan kartu tersebut dengan bebas.

Akhir kata, jika tidak memiliki HP dengan NFC sehingga tidak bisa isi saldo Flazz lewat HP maka salah satu cara yang bisa dipilih adalah top up Flazz BCA lewat ATM.

Tetapi jika tidak ada rekening BCA maka bisa melakukan top up saldo pakai uang tunai di mesin Flazz atau bisa juga melalui mesin EDC seperti di Indomaret, Alfamart, Alfamidi dan lain sebagainya.