Cara Transfer LinkAja ke LinkAja (Nomor Lain)

Cara transfer LinkAja ke LinkAja atau nomor teman bisa kita lakukan jika sudah berhasil verifikasi KTP atau upgrade full service. Menariknya kirim uang ke sesama LinkAja tidak kena biaya, berbeda dengan tarik tunai di ATM.

Ada dua cara transfer ke sesama LinkAja yaitu melalui nomor HP dan menggunakan kode QR. Keduanya tidak jauh berbeda yang beda hanya pada saat menentukan akun LinkAja penerima.

Batas paling sedikit atau minimal kirim saldo LinkAja ke LinkAja saat ini adalah 100 rupiah tanpa kena biaya admin. Lebih rendah batas minimumnya jika kita bandingkan transfer ke bank.

Advertisements

Syarat lain agar bisa mengirim uang pakai LinkAja ke nomor lain adalah, no HP penerima dana harus terdaftar ke LinkAja.

Jika belum maka tidak akan bisa, oleh karena itu apabila ada yang mengatakan sudah transfer lewat LinkAja ke nomor kita. Padahal kita belum pernah daftar LinkAja maka jangan percaya, karena hal itu tidak akan bisa.

Cara Transfer LinkAja ke LinkAja (Nomor Lain)

  1. Buka aplikasi LinkAja.
  2. Pilih menu Kirim Uang.
    Cara Transfer LinkAja ke LinkAja
  3. Kemudian pilih Nomor Telepon.
    Kirim Uang Lewat LinkAja
  4. Masukan nomor HP Linkaja yang akan menerima saldo lalu tap Konfirmasi.
  5. Masukan jumlah uang yang akan kamu transfer ke pengguna lain. Jika sudah tap tombol Centang Merah.
  6. Periksa kembali no LinkAja penerima dan nominal. Jika sudah benar tap Konfirmasi.
    Transfer sesama LinkAja
  7. Masukan PIN aplikasi LinkAja.
  8. Jika transaksi berhasil maka akan ada pemberitahuan.

Setelah transfer berhasil maka saldo penerima akan langsung bertambah sesuai dengan jumlah yang kita input.

Proses kirim uang ke sesesama pengguna jarang gagal atau pending, berbeda dengan saat kita transfer LinkAja ke bank.

Namun demikian tidak menutup kemungkinan gagal tetap ada. Jika status pending sampai 1×24 jam sebaiknya kamu langsung tanyakan ke pihak LinkAja.

Pertanyaan Seputar Transfer Saldo LinkAja ke LinkAja

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan maupun kendala yang mungkin muncul ketika kamu mencoba kirim uang ke sesama pengguna LinkAja.

Kenapa Tidak Bisa Transfer LinkAja ke LinkAja Teman?

Syarat utama agar bisa kirim uang ke nomor LinkAja adalah harus sudah verifikasi eKTP atau upgrade ke full service.

Oleh karena itu pastikan akun LinkAja kamu sudah full service sebelum bisa transfer ke sesama pengguna.

Selain itu pastikan juga nomor penerima sudah registrasi atau memiliki akun LinkAja dan masih aktif. Karena jika sudah tidak aktif atau belum registrasi tentu nomor tersebut tidak bisa menerima uang dari LinkAja.

Berapa Batas Minimal dan Maksimal Kirim Saldo Ke Sesama Pengguna LinkAja?

Batas minimal saldo yang bisa kita kirim ke nomor lain adalah 100 rupiah. Sedangkan batas maksimalnya mengikuti jenis akun penerima.

Apabila belum upgrade tentu hanya bisa menerima maksimal 2 juta rupiah, tetapi jika sudah full service bisa sampai 10 juta.

Jadi untuk batas maksimal transfer LinkAja ke nomor lain jawabannya adalah bisa sampai 10.000.000 rupiah sekali transaksi.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah limit transfer LinkAja ke LinkAja terbaru:

  1. Batas maksimal pengiriman uang per hari 10.000.000.
  2. Maksimal kirim 20.000.000 per bulan untuk setiap akun.
  3. Batas maksimal pengiriman per hari per transaksi 10.000.000.
  4. Minimal pengiriman ke akun LinkAja 100 rupiah.

Kenapa Status Transaksi Pending?

Ada beberapa kemungkinan, salah satunya ada gangguan sistem. Tapi tidak perlu khawatir berdasarkan pengalaman kami yang sering menggunakan aplikasi LinkAja untuk mengirim uang ke nomor lain hal ini jarang terjadi.

Namun apabila terjadi maka sebaiknya tunggu sampai 1×24 jam. Jika tidak berubah menjadi berhasil maka sebaiknya segera hubungi pihak LinkAja.

Agar pengecekan lebih cepat, saat laporan sebaiknya sertakan bukti screen shoot transaksi beserta nomor HP LinkAja yang terkendala.

Bagaimana Melihat QR Code Akun LinkAja?

Caranya buka aplikasi LinkAja lalu pilih menu Semua. Setelah itu pilih My QR. Nanti akan muncul kode QR yang berfungsi ketika kamu ingin meminta saldo LinkAja dari teman.

Selain Ke Sesama Pengguna LinkAja Bisa Transfer Ke Mana Saja?

Saldo aplikasi LinkAja bisa kita transfer ke rekening bank, baik BUMN maupun swasta atau bank syariah.

Selain itu saldo LinkAja bisa juga kita kirim ke aplikasi uang elektronik atau ewallet lain seperti DANA, OVO, GoPay maupun ShopeePay.

Meskipun tentu saja hal ini belum tentu berlaku atau bisa untuk selamanya, karena saat ini belum ada kerjasama resmi antara aplikasi dompet digital tersebut.

Kesimpulan

Cara transfer LinkAja ke LinkAja langkahnya adalah melalui menu Kirim Uang. Setelah itu pilih nomor telepon atau Snap QR.

Batas maksimalnya per hari bisa sampai 10.000.000 per transaksi per hari. Jadi jika sudah mengirim 10 juta maka tidak bisa kirim lagi pada hari yang sama.

Jika menggunakan metode Snap QR maka kamu harus scan QR Code akun yang akan menerima saldo. Caranya bisa langsung arahkan kamera ke kode QR penerima atau cari foto kode qr dari galeri HP.

Proses transfer LinkAja ke nomor lain berlangsung instan tanpa biaya admin. Cara ini bisa kamu lakukan ketika ingin mengirim uang ke teman, atau saudara yang tidak memiliki rekening bank.

Karena setelah saldo masuk, nantinya bisa tarik tunai LinkAja di ATM maupun di merchant seperti Indomaret, Alfamart maupun Alfamidi. Meskipun memang harus upgrade dulu dan penarikan saldo tidak gratis alias ada biaya admin.

Untuk penarikan di mesin ATM Mandiri, BRI, BNI, BTN kena biaya 5.000 rupiah per transaksi dan bisa kita lakukan tanpa kartu ATM.

Dengan demikian transfer LinkAja ke LinkAja atau pengguna lain bisa menjadi solusi sementara bagi yang ingin kirim uang tanpa rekening bank.

Akhir kata, demikianlah sedikit info mengenai langkah-langkah kirim uang dari aplikasi LinkAja ke nomor lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.