Home / BRIZZI / Cara Cek Saldo BRIZZI BRI Lewat HP Android Dan ATM

Cara Cek Saldo BRIZZI BRI Lewat HP Android Dan ATM

  • by
Cara Cek Saldo BRIZZI BRI Lewat HP Android

Cara cek saldo BRIZZI BRI lewat HP Android bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus menjadi nasabah bank BRI, namun cukup menginstal aplikasi BRI Mobile dan menggunakan HP Android yang memiliki fitur NFC.

Advertisements

Pengecekan saldo Brizzi lewat HP ini sangat berguna ketika ingin mengetahui berapa sisa saldo kartu BRIZZI dengan cepat tanpa harus repot pergi ke atm terlebih dahulu, namun kekurangannya hanya satu yaitu harus dilakukan dari HP Android dengan NFC yang mana kita tahu bahwa tidak semua handphone Android memiliki fitur ini.

Selain cek di HP Android sebetulnya jika kamu sering pakai BRIZZI untuk bayar tol kita juga bisa mengetahui saldonya ketika digunakan di gerbang tol setelah membayar tepatnya sesaat setelah palang pintu tol terbuka, di layar tarif akan muncul saldo kartu e-toll yang kita pakai atau bisa juga lihat pada struk/slip pembayaran tol.

Cara Cek Saldo BRIZZI Lewat HP Android Dengan NFC

Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk cek saldo Brizzi di HP Android diantaranya adalah LinkAja, BriMo, BukaLapak, Shopee, Tokopedia, BliBli, iSaku Indomaret, Traveloka, dan BRI Mobile.

Sayangnya pengcekan tidak bisa dilakukan dari HP Android tanpa NFC maupun iPhone, oleh karena itu apabila kamu tidak memliki HP yang dilengkapi NFC maka solusinya adalah cek lewat ATM atau mesin EDC BRI maupun Link yang biasanya ada di Indomaret maupun Alfamart.

Beberapa aplikasi berikut ini baru bisa digunakan jika sudah registrasi, kecuali untuk BRImo dan BRI Mobile bisa langsung digunakan untuk melihat sisa saldo kartu tol BRI tanpa daftar dulu.

Selain tidak perlu registrasi, aplikasi Brimo dan BRI Mobile bisa digunakan untuk melihat saldo e-toll Brizzi oleh semua orang termasuk yang bukan nasabah Bank BRI.

Menggunakan Aplikasi BRI Mobile

Ini merupakan salah satu cara cek saldo Brizzi paling mudah tanpa harus ke ATM namun bisa dilakukan langsug dari HP Android menggunakan aplikasi mobile banking BRI lama dan, langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Aktifkan NFC di HP lalu download palikasi BRI Mobile dari Google Play Store.
  2. Kemudian jalankan lalu pilih menu BRIZZI.
  3. Pilih menu Info Saldo.
  4. Tempelkan kartu e-toll BRI tersebut ke bagian belakang HP dan tunggu sampai terbaca dengan sempurna yang ditandai dengan munculnya informasi saldo yang tersisa.
    Cek Saldo Brizzi di Android

Selain bisa untuk mengecek saldo BRIZZI, aplikasi BRI Mobile juga bisa kita gunakan untuk melihat daftar transaksi dari kartu uang isi ulang BRI tersebut dengan cara pilih menu BRIZZIInfo History Transaksi lalu tap atau tempelkan kartu pada bagian belakang HP.

Adanya fitur untuk melihat riwayat transaksi ini menjadi salah satu kelebihan BRI Mobile karena dengan begitu kita bisa liat riwayat pemakaian kartu tol BRI tersebut lengkap dengan tanggal serta nominalnya.

Namun kekuranganya adalah apabila ingin bisa digunakan untuk top up maka harus menjadi nasabah bank BRI dan sudah aktivasi mobile banking. Jadi yang non nasabah bank BRI tidak bisa top up via aplikasi BRI Mobile/

Cek Saldo BRIZZI Dari HP Dengan Brimo

Pilihan lain bagi non nasabah BRI yang ingi melihat sisa saldo kartu Brizzi tanpa ke ATM yaitu langsung dari HP Android tanpa harus registrasi maka bisa menggunakan BriMo BRI dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Download aplikasi BRImo terbaru dari Google Play Store.
  2. Aktifkan NFC lalu buka aplikasinya.
  3. Pilih menu BRIZZI kemudian tempelkan kartu e-money BRI ke bagian belangkah HP dan jangan dilepas sampai terbaca saldonya seperti terlihat pada gambar berikut ini.
    Cek Saldo BRIZZI Dari HP Dengan Brimo

Kelebihan BRImo adalah bisa digunakan untuk megecek dan update saldo BRIZZI BRI tanpa harus registrasi atau daftar menjadi nasabah bank BRI.

Berbeda dengan BRI Mobile, jika tidak memiliki m banking BRI maka hanya bisa melihat saldo, dan cek riwayat transaksi tidak bisa untuk update pending saldo BRIZZI setelah top up.

Bagi yang belum tahu pending saldo di kartu BRIZZI adalah saldo yang tertunda belum bisa digunakan sebelum update melali mesin EDC atau aplikasi.

Saldo ini biasanya muncul jika isi saldo BRIZZI lewat internet banking, ATM BRI namun pilih menu Pending Top Up bukan Top Up Online atau bisa juga ketika kita top up Brizzi dari ATM Bank lain melalui metode transfer.

Misalnya dari ATM Bank Mandiri yang mana tidak ada menu top up BRIZZI maka yang dilakukan adalah transfer dari Mandiri ke kartu BRIZZI sehingga saldo tidak bertambah karena menjadi pending saldo.

Dengan kehadiran BRImo tidak perlu lagi mencari mesin EDC BRI ketika ingin update saldo tertunda melainkan cukup tempelkan kartu ke belakang HP dan tunggu proses update sampai selesai.

Cara Melihat Saldo Kartu Brizzi di Bukalapak

Bagi yang memiliki akun Bukalapak dan sudah menginstal aplikasi Bukalapak di Android maka bisa cek saldo Brizzi dari HP dengan cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi Bukalapak dari HP dengan NFC lalu pilih menu TopUp & Isi Pulsa.
  2. Pilih Uang Elektronik.
  3. Tempelkan kartu ke bagian belakang handphone, tunggu jangan dilepas sampai muncul info saldonya.

Tidak hanya untuk mengecek saldo, tetapi saat ini Bukalapak juga sudah bisa untuk top up Brizzi baik dari HP maupun laptop.

Namun jika top up Brizzi dari laptop maka kamu harus update saldo setelah pengisian sukses di mesin ATM BRI atau menggunakan aplikasi untuk cek dan update saldo Brizzi termasuk Bukalapak, Linkaja, Brimo dan lainnya.

Cek Menggunakan Aplikasi LinkAja

LinkAja tidak hanya bisa digunakan sebagai alat pengganti pembayaran tunai tetapi memiliki fitur untuk top up dan cek saldo kartu e-money dari 3 bank BUMN yaitu e-Money Mandiri, Brizzi BRI dan TapCash BNI.

Namun sebelum bisa cek saldo Brizzi di LinkAja pertama-tama kamu harus registrasi menggunakan nomor handphone aktif, dan jika kamu sudah memiliki akun maka langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi LinkAja.
  2. Pilih menu Kartu Uang Elektronik lalu tap Cek Saldo.
  3. Pilih BRI BRIZZI lalu tempelkan kartu di bagian belakang smartphone kamu dan jangan dilepaskan sampai proses pengecekan saldo selesai.
    Menggunakan Aplikasi LinkAja

Kelebihan LinkAja adalah menyediakan fitur top up, cek dan update saldo Brizzi, e-toll Mandiri dan Tapcash BNI lagsung dari HP Android.

Jika ingin top up kartu tol tentu kita harus isi saldo LinkAja terlebih dahulu, namun tidak perlu khawatir karena bisa dilakukan dengan mudah dari bank BUMN maupun swasta.

Untuk top up LinkAja gratis apabila dari bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN sedangkan dari bank swasta seperti BCA bisa menggunakan cara transfer ke virtual account LinkAja dengan biaya 1.000 per transaksi.

Cek Saldo Brizzi di Tokopedia

Tokopedia mungkin salah satu marketplace yang menyediakan fitur top up Brizzi online pertama kali, kemudian disusul oleh BukLapak lalu Shopee dan jika kamu ingin cek saldo Brizzi via Tokopedia maka silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Tokopedia dan jangan lupa aktifkan NFC.
  2. Pilih menu Top-Up & Tagihan.
  3. Pilih Uang Elektronik.
  4. Tap tombol Update Saldo.
  5. Tempelkan kartu Brizzi ke bagian belakang handphone kamu dan tunggu sampai saldonya muncul.

Sama seperti LinkAja, Shopee dan lainnya aplikasi Tokopedia selain bisa dipakai untuk melihat saldo Brizzi bisa juga untuk top up maupun update saldo. Untuk top p batas minimalnya adalah 10.000 rupiah + biaya admin 1.500 rupiah.

Cek Saldo Brizzi Lewat Shopee

Mengikuti jejak Tokopedia dan Bukalapak, akhirnya Shopee sekarang menyediakan layanan isi ulang uang elektronik Mandiri, Tapcash dan Brizzi BRI.

Karena ada fitur top up maka sudah pasti bisa untuk cek saldo kartu Brizzi dan caranya adalah.

  1. Aktifkan dulu NFC di HP Android kamu kemudian buka aplikasi Shopee.
  2. Pilih menu Pulsa, Tagihan & Hiburan.
  3. Pilih Uang Elektronik.
  4. Tap Update Saldo, kemudian pilih Brizzi BRI lalu tempelkan kartu e toll Brizzi ke bagian belakang ponsel.
    Cek Saldo Brizzi Lewat Shopee
  5. Tunggu sampai proses pembacaaan saldo selesai.

Pada gambar di atas terlihat untuk Tapcash BNI masih berwarna abu-abu artinya belum bisa digunakan, semoga saja tidak lama lagi fitur top up maupun pengecekan saldo Tapcash tersedia sehingga tidak perlu pindah-pindah aplikasi hanya untuk mengetahui sisa uang pada kartu e-toll.

Menggunakan Aplikasi iSaku

Aplikasi i.Saku tidak hanya bisa untuk membayar di Indomaret ata ubelanja online di Shopee, Lazada, BukaLapak dan lainnya tetapi bisa untuk cek saldo dan isi ulang kartu e-money Mandiri dan Brizzi.

Pengecekan saldo brizzi BRI via aplikasi iSaku bisa dilakukan jika sudah daftar i.saku Indomaret terlebih dahulu. Caranya tidak sulit, cukup download aplikasinya dari Google Play Store kemudian registrasi menggunakan nomor HP aktif.

Adapun cara cek saldo BRIZZI di Android pakai aplikasi isaku Indomaret adalah sebagai berikut.

  1. Aktifkan NFC di smartphone kamu lalu buka aplikasi iSaku.
  2. Pilih menu Uang Elektronik.
  3. Tempelkan kartu uang elektronik Brizzi pada bagian belakang handphone dan nanti akan muncul sisa saldonya.

Tidak hanya Brizzi tetapi aplikasi isaku juga bisa digunakan untuk melihat saldo kartu e-money Mandiri tanpa harus ke ATM.

Menggunakan Aplikasi Traveloka

Traveloka mungkin identik dengan aplikasi untuk membeli tiket online murah, tapi apakah kamu sudah tahu jika traveloka app juga menyediakan layanan untuk isi saldo uang elektronik Brizzi?

Nah karena menyediakan layanan top up maka aplikasi traveloka juga bisa kita gunakan saat ingin melihat sisa saldo kartu tol BRI dari HP Android dan langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Traveloka dan aktifkan NFC.
  2. Pilih menu Tagihan & Isi Ulang.
  3. Pilih Uang Elektronik.
    Brizzi di Aplikasi Traveloka
  4. Tempelkan kartu Brizzi ke bagian belakang smartphone dan nanti akan muncul info saldonya.

Cukup mudah bukan? seperti sudah kami sebutkan sebelumnya selain bisa untuk melihat saldo yang ada pada kartu e-toll BRI, kita juga bisa top up Brizzi via Traveloka.

Akan tetapi batas minimal pengisian saldo uang elektronik di aplikasi Traveloka lebih besar dibandingkan aplikasi lain yaitu minimal 50.000 dengan biaya admin 1.500

Cara Cek Saldo Kartu BRIZZI di ATM BRI

Jika tidak memilki HP Android dengan NFC maka bisa melakukan cek saldo kartu Brizzi di ATM BRI dengan langkah sebagai berikut.

  1. Masukan kartu ATM BRI, lalu pilih Bahasa Indonesia kemudian masukan PIN kartu ATM.
  2. Pilih Menu Lainnya.
  3. Selanjutnya pilih E-Money.
  4. Terakhir pilih Info Saldo BRIZZI kemudian tempelkan kartu e-money BRIZZI pada reader / pembaca yang ada di ATM tersebut dan tunggu sampai muncul jumlah saldonya di layar mesin ATM.
    Cara Cek Saldo Kartu BRIZZI di ATM BRI

Kekurangan dari metode terakhir ini adalah hanya bisa dilakukan oleh pemegang kartu debit BRI saja, jadi jika tidak memiliki kartu ATM BRI maka tidak akan bisa.

Apa Saja Manfaat atau Kegunaan Kartu BRIZZI BRI

Beberapa kegunaan dari kartu Brizzi BRI tidak jauh berbeda dengan kartu e-money dari bank lain seperti e-Money Mandiri, Flazz BCA dan Tapcash BNI yaitu bisa untuk pembayaran tol maupun belanja di merchant offline.

Misalnya bisa untuk bayar belanja di Indomaret atau Alfamart, namun biasanya ada syarat minimal belanja mulai dari 100 ribu.

Entah sejak kapan diberlakukan karena dulu awalnya tidak harus belanja 100.000 baru bisa membayar pakai BRIZZI, tidak hanya BRIZZI tetapi sepertinya untuk kartu e-money lain termasuk Flazz dan e-toll Mandiri jika dipakai bayar di Indomaret atau Alfamart ada minimal belanjanya.

Berapa saldo maksimal brizzi? saat ini batas maksimal saldo yang bisa tersimpan pada kartu adalah 2.000.000 dengan maksimal akumulasi top up per bulan 20.000.000.

Jadi manfaat kartu Brizzi selain untuk pembayaran tol, Brizzi juga bisa sebagai alat pembayaran di merchant yang sudah bekerjasama tidak hanya Indomaret atau Alfamart tetapi masih banyak lagi seperti Bakso Boedjangan, Warunk Upnorma dan lainnya.

Dimana Membeli Kartu BRIZZI

Kartu tol Brizzi BRI bisa dibeli diberbagai tempat seperti Indomaret, Alfamart, kantor cabang BRI atau membeli secara online.

Harganya bervariasi mulau dari 25.000 rupiah, biasanya tergantung desain dan saldo awal kartu. Jika desain edisi khusus biasanya agak mahal meskipun dijual tanpa saldo.

Kartu e-toll Brizzi bisa langsung digunakan setelah mengisi saldo tanpa pakai PIN atau daftar terlebih dahulu.

Jadi tidak perlu aktivasi karena setelah isi saldo pertama maka kartu bisa digunakan dengan masa berlaku 10 tahun sejak pengisian terakhir, artinya jika lewat dari 10 tahun sejak top up terakhir maka kartu akan dinonaktifkan.

Apakah top up Brizzi ada biaya admin? ya, rata-rata untuk setiap transaksi isi saldo dikenakan biaya sebesar 1.500 rupiah.

Tanya Jawab

Kenapa saat cek saldo, kartu Brizzi tidak terdeteksi oleh HP atau bisa terbaca tetapi selalu gagal menampilkan saldo?

Ini biasanya terjadi jika koneksi internet tidak stabil atau kurang baik, oleh karena itu pastikan sinyal dan koneksi internet dalam kondisi baik.

Penyebab lain bisa juga karena cover cashing handphone yang terlalu tebal sehingga menganggu proses pembacaan kartu oleh NFC.

Apakah bisa cek saldo dari HP tanpa NFC?

Sayangnya tidak bisa, seperti terlihat pada penjelasan di atas semua aplikasi untuk cek saldo Brizzi hanya bisa digunakan pada HP Android yang dilengkapi koneksi NFC.

Apa bisa isi saldo dari HP tanpa NFC?

Bisa, tetapi harus update saldo di mesin ATM, mesin EDC atau pinjam HP lain yang memiliki fitur NFC lalu lakukan update saldo menggunakan salah satu aplikasi yang ada pada daftar di atas, misalnya LinkAja, Tokepedia, BukaLapak dan lainnya.

Jadi untuk proses pengisian saldo kartu tidak harus dari HP yang ada NFC, yang penting adalah input nomor kartu dengan benar dan setelah berhasil top up maka bisa update di smartphone lain.

Dari beberapa aplikasi di atas, yang paling mudah digunakan adalah Brimo BRI karena tidak perlu daftar atau membuat akun terlebih dahulu, cukup download lalu tempelkan kartu. Kelebihan lainnya adalah bisa untuk update saldo pending Brizzi.

Sedangkan apabila mencari yang paling lengkap fiturnya maka bisa pilih LinkAja, karena aplikasi ini bisa untuk cek saldo kartu e-toll dari 3 bank yaitu Brizzi, e-Toll Mandiri dan Tapcash BNI.

Sangat cocok bagi yang menggunakan lebih dari satu jenis kartu e-toll misalnya Brizzi dan e-Money Mandiri, maka saat ingin top up maupun cek saldo cukup gunakan satu aplikasi saja yaitu LinkAja.

Alternatif kedua aplikasi yang menyediakan layanan top up semua kartu e-toll adalah Shopee, namun berdasarkan pengalaman kami kadang saat update saldo Brizzi di Shopee gagal meskipun proses top up sukses, akhirnya harus update menggunakan aplikasi lain.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas bisa disimpulkan jika saat ini ada banyak cara cek saldo Brizzi lewat HP Android dengan NFC yaitu bisa menggunakan Bri Mobile, Brimo, LinkAja, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, iSaku dan lainnya.

Tidak hanya berfungsi untuk melihat sisa saldo tetapi aplikasi-aplikasi tersebut bisa juga untuk top up Brizzi di HP Android tanpa harus ke ATM.

Sedangkan bagi yang hanya memiliki HP tanpa NFC maka bisa langsung cek di mesin ATM atau mesin EDC BRI maupun EDC Link yang biasanya ada di Indomaret.