Cara Beli Token Listrik Via ATM Mandiri, Berapa Harga dan Biayanya?

Ketika token listrik hampir habis tidak perlu bingung lagi mencari penjual token pln apalagi kalau sudah malam, karena kita bisa membeli token online di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan lainnya atau membeli melalui mobile banking, internet banking dan juga ATM.

Nah yang akan saya contohkan kali ini adalah cara beli token listrik via ATM Mandiri karena kebetulan saat dapat info kalau meteran listrik di rumah berbunyi yang artinya sudah minta isi ulang, saya sedang ada di dekat lokasi ATM Mandiri.

Satu hal yang menarik ketika kita isi token listrik di ATM Mandiri adalah pada saat akan konfirmasi pembelian yang terlihat hanya total harga token saja misalnya jika pilih 50ribu maka yang muncul pada bagian total adalah 50.000 padahal sebetulnya ada biaya admin yang tidak muncul di layar mesin atm saat akan membeli, dan untuk membuktikannya kamu bisa lihat pada struk pembelian token di atm yang mana tertera admin bank 3.500.

Cara Beli Token Listrik Via ATM Mandiri

Catatan : Yang digunakan pada contoh saat akan isi token listrik via atm mandiri dibawah ini adalah 11 digit nomor meter yang bisa dilihat pada meteran listrik diatas kode barcode jadi pada langkah no 5 yang dipilih adalah no meter sedangkan jika kamu memiliki kode 12 digit maka pilih ID Pel.

  1. Masukan kartu ATM lalu masukan pin atm Mandiri kamu.
  2. Piih menu Bayar / Beli. Cara Beli Token Listrik Via ATM Mandiri
  3. Selanjutnya pilih menu Listrik/Gas. pilih menu Listrik/Gas
  4. Lalu pilih PLN Prabayar. pilih PLN Prabayar
  5. Pada layar PLN Prepaid pilih No Meter atau ID Pel, kalau no meter itu ada 11 angka sedangkan id pelanggan 11 angka dan biasanya tertulis pada meteran listrik yang ada barcodenya, jadi kalau yang kamu catat adalah nomor pada meteran listrik dan jumlahnya 11 angka maka pilih No Meter seperti yang saya contohkan kali ini. pilih No Meter
  6. Masukan 11 angka nomor Meter lalu pilih Benar. Masukan 11 angka nomor Meter
  7. Selanjutnya pilih nominal token pln prabayar yang ingin dibeli mulai dari 20.000, 50.000, 100.000 sampai 10juta. pilih nominal token pln prabaya
  8. Kemudian pada layar konfirmasi akan muncul no meter, id pelanggan, nama, daya dan harga token jika semua benar pilih YA. konfirmasiPada layar konfirmasi memang tidak terlihat ada biaya admin jadi seolah yang kita bayar hanya sebesar nominal yang dipilih namun ketika struk tercetak maka kamu akan tahu kalau sebetulnya ada admin sebesar 3.500 rupiah.
  9. Tunggu transaksi diproses dan struk keluar dari mesin atm kemudian simpan baik-baik karena nanti harus memasukan kode stroom ke meteran listrik agar pulsa pln dirumah bertambah. Bagi yang belum tahu dimana melihat kode voucher listrik dari ATM Mandiri maka silahkan lihat gambar berikut ini, lihat pada bagian kode stroom / token nah 20 digit angka tersebut yang dimasukan ke meteran listrik.kode stroom

Apakah Kita Bisa Tahu Berapa kWH Yang Didapat?

Ya, pada struk akan tercetak berapa kWH yang didapat sebagai contoh untuk daya 1.300 dengan nominal token 50.000 saat ini yang didapat adalah 33,1 kWH.

Berapa Harga dan Biaya Admin Token PLN di ATM Mandiri?

Harga token listrik di ATM Mandiri adalah nominal voucher pln prabayar yang kita pilih ditambah biaya admin 3.500, jadi kalau kita membeli token 50.000 maka harganya menjadi 53.500. Harga ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan membeli lewat ATM BCA karena saat ini di BCA biaya admin bank token pln adalah 2.500 rupiah atau sama seperti saat kita membeli lewat tcash wallet.

Biaya maupun harga ini berlaku sama bukan hanya di ATM artinya jika kita membeli lewat Mandiri Online, e-cash mandiri, SMS Banking 3355 maupun dial maka harga dan biayanya tetap sama.

Demikianlah sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan tentang cara beli token listrik via ATM Mandiri, jika mencari harga yang lebih murah mungkin kamu bisa membeli token listrik lewat aplikasi go-jek dimana biaya admin saat ini adalah 1.500 rupiah.