Home / LinkAja / Bayar Shopee Pakai LinkAja Apakah Bisa?

Bayar Shopee Pakai LinkAja Apakah Bisa?

Bayar Shopee Pakai LinkAja Apakah Bisa?

Apakah bisa bayar Shopee pakai LinkAja? mengingat LinkAja dan Shopee belum bekerjasama seperti dengan Tokopedia maupun marketplace lain yang sudah bisa menerima pembayaran via LinkAja.

Ternyata meskipun belum menjadi salah satu metode pembayaran resmi di Shopee namun ada cara membayar Shopee pakai LinkAja yang bisa dicoba yaitu dengan pilih metode pembayaran bank transfer lalu pilih BRI dicek otomatis.

Kemudian nanti akan muncul kode BRIVA Shopee, nah selanjutnya untuk melakukan pembayaran bisa dengan cara transfer LinkAja ke BRIVA melalui menu rekening virtual.

Advertisements

Selain bisa langsung bayar Shoppe, kita juga bisa top up ShopeePay via LinkAja melalui menu yang sama. Caranya di Shopee pilih Isi Saldo ShopeePay dan pada pembayaran pilih Transfer Bank BRI.

Sayangnya meskipun cara ini bisa dilakukan tetapi tidak gratis karena setiap kali transfer dari LinkAja ke BRIVA atau virtual account BRI dikenakan biaya admin 4.000 rupiah.

Cara Bayar Shopee Pakai LinkAja Via Transfer Ke BRIVA

  1. Silahkan pilih barang yang ingin dibeli kemudian setelah masuk keranjang belanja pilih metode pembayaran.
  2. Pilih Bank Transfer lalu pilih BRI Dicek Otomatis kemudian tap tombol Konfirmasi.
    Cara Bayar Shopee Pakai LinkAja Via Transfer Ke BRIVA
  3. Catat kode virtual account BRIVA yang muncul di Shopee atau bisa juga tap salin.
  4. Buka aplikasi LinkAja kemudian pilih menu Lainnya lalu pilih Rekening Virtual.
    Transfer LinkAja Ke BRIVA
  5. Pilih BRIVA lalu masukan nomor virtual account Shopee yang tadi didapat, pada kolom nominal pembayaran masukan jumlah uang yang harus dibayar sesuai dengan yang muncul di tagihan Shopee lalu tap tombol Lanjut.
  6. Periksa kembali apakah semua data yang diinput sudah benar, jika tap Konfirmasi.
  7. Masukan PIN akun LinkAja.
  8. Jika pembayaran berhasil maka akan ada pemberitahuan dan tagihan di Shopee akan terkonfirmasi otomatis.

Kekurangan metode ini adalah: Ada biaya penanganan Shopee untuk pembayaran BRI Dicek Otomatis sebesar 1.000 per transaksi. Ada biaya admin transfer LinkAja ke Briva 4.000 rupiah.

Sehingga jika ditotal biayanya adalah 5.000. Selain itu harus mengisi jumlah transfer dengan jumlah yang pas dengan tagihan di Shopee, jika salah nominal maka bisa jadi pembayaran tidak terkonfirmasi otomatis.

Selain itu kekurangan lainnya adalah jika ada kendala misalnya dana yang ditransfer tidak masuk maka akan sulit untuk klaim ke pihak Shopee karena bukti yang dimiliki hanya berupa bukti transfer dari LinkAja bukan rekening bank atau dari ATM.

Cara Transfer LinkAja Ke ShopeePay

Pilihan lain selain langsung membayar, bisa juga dengan top up ShopeePay terlebih dahulu supaya bisa mendapat kesempatan gratis ongkir Shopee dan biayanya lebih murah karena tidak dikenakan biaya penanganan (saat ini) dan berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Shopee lalu tap Akun – ShopeePay.
  2. Pilih Isi Saldo lalu pada metode pembayaran pilih Transfer Bank – BRI Dicek Otomatis, jika sudah tap tombol Konfirmasi.
  3. Catat nomor virtual account BRI yang muncul, biasanya berupa kode 122 + nomor handphone.
    nomor virtual account BRI
  4. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih Lainnya – Rekening Virtual.
    Transfer LinkAja Ke BRIVA
  5. Pilih Briva lalu masukan kode virtual account untuk isi ShopeePay tadi dan pada kolom nominal pembayaran isi dengan jumlah top up ShopeePay yang diinginkan. Jika sudah tap tombol Lanjut.
    Cara Transfer LinkAja Ke ShopeePay
  6. Cek apakah data yang diinput sudah benar, cirinya akan menampilkan nama akun Shopee. Jika semua sudah benar tap tombol Konfirmasi.
  7. Terakhir masukan pin LinkAja.

Tunggu saldo ShopeePay bertambah, biasanya tidak lama dan setelah ada saldo yang cukup maka bisa dipakai untuk belanja gratis ongkir jika mempunyai voucher.

Cara yang kedua ini lebih murah 1.000 rupiah dan lebih mudah karena kita bisa isi nominal sesuai kebutuhan, tidak berdasarkan jumlah tagihan + biaya penanganan.

Baca Juga : Cara Isi Saldo LinkAja Via BNI Mobile.

Kenapa Tidak Bisa Bayar Shopee Pakai LinkAja?

Pastikan LinkAja suda upgrade ke full service, penyebab lain mungkin memang sudah tidak bisa atau ditutup layananya oleh LinkAja atau Shopee. Penyebab lain pastikan saldo cukup yaitu jumlah yang akan ditransfer + 4.000 biaya admin.

Apakah Harus Upgrade LinkAja dan ShopeePay Dulu?

Untuk LinkAja ya, namun untuk ShopeePay tidak wajib.

Berapa Biaya Admin Bayar Shopee Via LinkAja?

Jika langsung maka dikenakan biaya penanganan 1.000 + 4.000 biaya transfer LinkAja ke BRIVA.

Baca Juga : Top Up LinkAja Pakai Kartu Debit.

Kesimpulan

Jika ingin lebih murah maka pilih top up ShopeePay pakai LinkAja baru setelah itu gunakan untuk belanja di Shopee karena tidak dikenakan biaya penanganan.

Akan tetapi jika memiliki rekening HIMBARA seperti Mandiri, BNI, BRI, BTN maka sebaiknya transfer saldo LinkAja ke bank baru setelah itu dari rekening bank top up ke ShopeePay karena tentu lebih murah lagi tidak ada biaya transfer.

Ini bukan metode pembayaran resmi, jadi sebaiknya sebelum mencoba pertimbangkan baik-baik untung ruginya dan kami sarankan lebih baik transfer via rekening bank dibandingkan langsung dari LinkAja.

Tujuannya jika ada kendala maka kita bisa menunjukan bukti transaksi baik itu dalam bentuk struk ATM jika transfer dari ATM atau bisa menunjukan mutasi rekening jika membayar via m banking atau internet banking.

Akhir kata, demikianlah sedikit gambaran mengenai cara bayar Shopee pakai LinkAja dan sekali lagi kami ingatkan sebaiknya gunakan saja metode pembayaran yang sudah tersedia untuk mengurangi resiko transaksi gagal dan lain sebagainya.