Bayar Shopee Pakai LinkAja 2021, Apakah Bisa?

Sebelum membahas bagaimana cara bayar Shopee pakai LinkAja, sebaiknya kamu tahu cara ini belum tentu bisa untuk selamanya. Mengingat LinkAja bukan salah satu metode pembayaran resmi di Shopee.

Advertisements

Berbeda dengan Bukalapak maupun Tokopedia yang sudah bekerjasama dengan LinkAja. Sehingga kita bisa bayar Tokopedia pakai LinkAja langsung tanpa perlu trik ini itu.

Pada tahun 2021 ini, tepatnya Mei ternyata kita masih bisa membayar Shopee lewat LinkAja. Tapi tentu tidak gratis biaya admin karena harus menggunakan BRI Virtual Account atau BRIVA.

Selain itu akun LinkAja yang bisa untuk pembayaran di Shopee maupun top up ShopeePay adalah yang sudah upgrade ke full service.

Jika belum upgrade maka kamu tidak bisa menggunakan menu rekening virtual di LinkAja. Dengan demikian tidak bisa transfer LinkAja ke BRIVA dan otomatis tidak bisa untuk transfer LinkAja ke ShopeePay maupun Shopee.

Cara Bayar Shopee Pakai LinkAja

  1. Pilih barang yang ingin kamu beli , kemudian setelah masuk keranjang belanja pilih metode pembayaran.
  2. Pilih Bank Transfer lalu pilih BRI Dicek Otomatis kemudian tap tombol Konfirmasi.
    Cara Bayar Shopee Pakai LinkAja
  3. Catat kode virtual account BRIVA untuk membayar lewat LinkAja yang muncul di Shopee atau bisa juga tap salin.
  4. Buka aplikasi LinkAja kemudian pilih menu Lainnya lalu pilih Rekening Virtual.
    Transfer LinkAja ke BRIVA Shopee
  5. Pilih BRIVA lalu masukan nomor virtual account Shopee yang tadi didapat, pada kolom nominal pembayaran masukan jumlah uang yang harus dibayar sesuai dengan yang muncul di tagihan Shopee lalu tap tombol Lanjut.
  6. Periksa kembali apakah semua data yang diinput sudah benar, jika tap Konfirmasi.
  7. Masukan PIN akun LinkAja.
  8. Jika pembayaran berhasil maka akan ada pemberitahuan dan tagihan di Shopee akan terkonfirmasi otomatis.

Nah jika kamu memiliki pertanyaan bisakah bayar Shopee pakai LinkAja maka jawabannya saat ini bisa. Namun tentu saja karena belum ada kerjasama resmi sehingga ada kemungkinan suatu saat cara ini tidak bisa kita gunakan lagi.

Kekurangan metode ini : Ada biaya penanganan Shopee untuk pembayaran BRI Dicek Otomatis sebesar 1.000 per transaksi. Ada biaya admin transfer LinkAja ke Shopee via Briva 4.000 rupiah.

Cara Transfer LinkAja Ke ShopeePay

  1. Buka aplikasi Shopee lalu tap Akun – ShopeePay.
  2. Pilih Isi Saldo.
  3. Pada metode pembayaran pilih Transfer Bank – BRI Dicek Otomatis, jika sudah tap tombol Konfirmasi.
    top up ShopeePay Pakai LinkAja
  4. Catat nomor virtual account BRI yang muncul, biasanya berupa kode 122 + nomor handphone.
  5. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih Lainnya – Rekening Virtual.
  6. Pilih Briva.
  7. Masukan kode virtual account BRI untuk top up ShopeePay yang tadi kamu dapat pada langkah sebelumnya.
  8. Masukan jumlah top up ShopeePay di LinkAja. Jika sudah tap tombol Lanjut.
    Cara Transfer LinkAja Ke ShopeePay
  9. Cek apakah data sudah benar, cirinya akan menampilkan nama akun Shopee. Jika semua sudah benar tap tombol Konfirmasi.
  10. Terakhir masukan pin LinkAja.

Cara ini lebih hemat dibanding langsung membayar pakai LinkAja, karena top up ShopeePay pakai LinkAja tidak ada biaya penanganan. Yang ada hanya biaya transfer LinkAja ke BRIVA ShopeePay sebesar 4.000 rupiah.

Selain bisa lebih hemat meskipun sedikit tetapi dengan top up saldo ShopeePay terlebih dahulu baru belanja, keuntungan lainnya adalah bisa mendapat gratis ongkir.

Tanya Jawab Masalah dan Solusi Bayar Shopee Dengan LinkAja

Kenapa Tidak Bisa Bayar Shopee Pakai LinkAja?

Seperti kami sebutkan di atas, untuk bisa membayar belanja di Shopee lewat LinkAja maka akunnya harus upgrade ke full service terlebih dahulu.

Jika belum atau masih basic service ternyata tidak bisa transfer dari LinkAja ke ShopeePay. Berikut kami contohkan transaksi BRIVA LinkAja ke Shopee dari dua jenis akun LinkAja.

Yang kiri adalah akun basic dan hasilnya tidak bisa, sedangkan yang kanan adalah akun full service dan ternyata pada 2021 ini kita masih bisa bayar Shopee dengan LinkAja.

Apa Bisa LinkAja Transfer Ke ShopeePay?

Saat tulisan ini kami buat, jawabannya masih bisa yaitu melalui menu Rekening Virtual – BRIVA.

Bukan dari menu transfer atau kirim uang ke rekening bank lalu pilih BRI, cara ini sudah lama tidak bisa kita gunakan lagi.

Top Up ShopeePay Pakai LinkAja Gagal Saldo Terpotong, Status Pending?

Tidak perlu panik. Jika transaksi transfer LinkAja Pending maka biasanya saldo sudah terpotong tetapi transaksi belum berhasil.

Ini bukan hal yang perlu kita khawatirkan karena biasanya jika status transaksi LinkAja pending terus dalam 3×24 jam saldo akan kembali ke LinkAja.

Tetapi jika kamu ragu maka tidak ada salahnya, setelah 1×24 jam bisa hubungi pihak LinkAja untuk menanyakan status transaksi tersebut.

Kelebihan Kekurangan Membayar Shopee Lewat LinkAja

  1. Kelebihannya hanya satu yaitu bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin belanja di Shopee tanpa rekening bank. Dengan menggunakan aplikasi LinkAja lalu transfer ke BRIVA, kamu bisa top up ShopeePay maupun membayar pesanan di Shopee.
  2. Ada biaya penanganan Shopee yaitu 1.000 rupiah. Ini berlaku karena metode pembayaran yang kita pilih adalah Transfer Bank BRI dicek otomatis.
  3. Kena biaya admin BRIVA di LinkAja yaitu 4.000 rupiah per transaksi.

Kesimpulan

Cara bayar Shopee pakai LinkAja terbaru 2021 adalah melalui menu Rekening Virtual – BRIVA. Kemudian kita lakukan pembayaran BRIVA Shopee via LinkAja.

Setiap kali transaksi pembayaran Shopee malalui BRIVA di Linkaja akan kena biaya admin 4.000 rupiah plus biaya penanganan Shopee 1.000.

Sehingga total biaya admin membayar Shopee dari LinkAja menjadi 5.000 rupiah per transaksi. Biayanya sama seperti biaya tarik tunai LinkAja di ATM.

Pilihan lain bagi kamu yang memiliki rekening HIMBARA (BRI, BNI, BTN, MANDIRI) maka bisa tarik saldo LinkAja ke bank terlebih dahulu.

Setelah itu baru dari rekening bank lakukan pembayaran Shopee maupun top up ShopeePay, dengan demikian biayanya lebih murah.